Sabtu, 06 Juni 2015

Ketika Cinta Berbalas Cinta




Cinta adalah karuniaNya, bila dijaga dengan sempurna
Resah menimpa, gundah menjelma
Bila cinta tak dipelihara
(The Fikr-Cinta)

            C.I.N.T.A, tulisan saya ini kembali membahas cinta. Karena memang frase yang satu ini tak akan pernah habis dan usang untuk terus dibicarakan. Terus,terus, dan terus. Ada pemuja cinta, ada penghujat cinta, pengkhianat cinta banyak, tapi untuk orang-orang yang mengerti bagaimana cinta yang sebenarnya itulah yang sedikit. Allahualam bishowab, apakah saya termasuk yang mengerti atau tidak. Tapi selama yang saya jalani bahwa cinta itu hadir bersama dengan rasa tanggung jawab, keikhlasan, dan rela berkorban. Cinta itu memahami, menghargai, dan mau mendengar. Dan cinta yang benar itu pasti akan berbalas cinta.
            Sebenarnya tulisan ini berawal dari sebuah manuskrip tentang seseorang yang patah hati karena cinta, saya sebut saja Mbak X ya, agar privasi terjaga. Jadi dalam manuskrip tersebut, dia mengatakan bahwa masih sulit melupakan orang yang pernah hadir dalam hidupnya, orang yang pernah ia sebut cinta, padahal sang pria sudah memilih yang lain, sudah bertanggung jawab pada perempuan lain untuk menjadi imamnya, dan bukan Mbak X yang dipilih. Lama, berbulan-bulan, Mbak X tak jua bisa menepis rasanya, rasa sakitnya ia nikmati, ia tenggelamkan dalam memori dengan pria tersebut. Masih mencintai dalam diam. Bisa jadi waktu belum berbaik hati dengannya, tapi bisa jadi pula, ia yang tidak mau waktu berputar. Bisa jadi ia mendiamkan waktu, ia masih memijak duri dan menggenggam bara, perlahan-lahan melukai diri, menutup mata dari belahan jiwa yang sebenarnya.
Saya yakin, mungkin ia tidak salah dengan rasanya, ia masih mencintai pria yang sudah menikah, tapi bukankah ia sama saja membuang waktu untuk seseorang yang benar-benar tidak memikirkannya? Memang tak selalu cinta berbalas cinta, tapi cinta yang benar, saya yakin pasti akan berbalas cinta yang sama, atau bisa jadi lebih.
Saya pernah mendapat nasehat dari seorang teman, bahwa ketika cinta membuahkan rasa yang sakit, maka yakinlah bahwa cinta kita sedang berpijak tidak tepat, sebab sejatinya cinta tidak akan menyakitkan. Ya, dan teman saya benar sekali akan itu, dia seperti membukakan mata saya bahwa cinta yang tepat akan berbalas rasa yang sama pula. Hanya masih menjadi rahasia Allah kepada siapa cinta ini kita peruntukkan?
            Selama ini rasa yang kita pikir cinta pada orang-orang yang tidak tepat mungkin bentuk ujian dan kasih sayang Allah selama kita berproses dalam mencari cinta yang sebenarnya, cinta yang hulu dan muaraNya pada Allah SWT, cinta yang bersamanya hari-hari kita diwarnai dengan usaha untuk taat dan mendekatkan kepadaNya, bukan cinta yang akhirnya melahirkan kedurhakaan dan kecemburuan Allah SWT.
            So, kalau saja saya bisa menanggapi manuskrip itu, saya mau bilang, “Mbak, ayo move on, sulit memang, tapi bukan berarti tidak bisa. Hidup Mbak terlalu berharga hanya dihabiskan untuk menambah luka dengan percikan cuka, karena Mbak masih mengharap-harap orang yang sudah berlalu pergi. Bisa jadi yang datang itu jauh lebih baik dari dia yang dinanti. Cinta hanya akan datang untuk jiwa yang bisa menghargai dirinya sendiri, maka sembuhkan luka Mbak, dan tatap ke depan, langit masih biru, air masih terasa segar ditenggorokkan, angin masih menyejukkan, maka rahmat Allah masih bertebaran, begitu juga dengan kehidupan Mbak yang masih akan tetap berjalan, ada sesuatu yang indah diperuntukkan bagi Mbak, semua sudah tertulis di lauhul mahfuz. Terus berjalan ya Mbak, meski tertatih perih,” sejujurnya ini yang ingin saya sampaikan kepadanya, tapi sayang sepertinya memang tak bisa tersampaikan.

            Maka, cinta tak akan pernah salah, cinta yang benar akan berbalas cinta. Cinta hulu dan muaranya ada pada Allah semata, dia mengajarkan cinta kepada kita bukan berarti kita menjadi pemuja cinta, tapi untuk menyadari bahwa Dia-lah yang menciptakan rasa, maka tempatkan rasa sebagaimana mestinya. Allahualam bishowab.
Sragen, 20.57 pm, 6 Juni 2015 (hari spesialnya yang kucinta) ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ketika Sulit Mengelola Ide

Malam ini saya hanya sekedar berbagi  ringan tentang permasalahan ide. Tulisan ini didasari oleh pengalaman pribadi yang bertahun-tahun...