Sabtu, 19 Februari 2011

Mugunghwa..si Cantik dari Negeri Ginseng

Mugunghwa
Mugunghwa(Hibiscus syriacus). Jenis Hibiscus. Kalau di Indonesia kita pasti kenal sama kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L), sama marga cuma beda spesies kali ya. Mereka satu family-malvaceae. Nah kalau saya inget-inget lagi mata kuliah biogeografi yang kadang melayang-layang di ingatan, hihi, kembang sepatu atau Hibiscus rosa-sinensis ini asal tumbuhnya itu dari Asia Timur, lalu tersebar di daerah tropis dan sub-tropis. Kalau di daerah tropis tumbuh sepanjang tahun. Tapi, kalau di wilayah sub-tropis tumbuh saat musim panas hingga musim gugur.

Baik mugunghwa Hibiscus syriacus atau kembang sepatu, warnanya macem-macem, ada ungu, putih, merah jambu, pink titik putih, yaahh secara marga dan family mereka sama kali ya, eh bener enggak sih? (kalau salah bisa diketawain sama ahli botani nih, hihihi)

Nah beberapa waktu lalu saya kaget, saat lihat ada jenis Hibiscus berjajar cantik di kebun sekolah. Awalnya sempet mikir, ini beneran mugunghwa atau kembang sepatu ya? Dengan PD nya saya nyangka aja kalau itu mugunghwa,hehhee, bunga yang ditetapkan sebagai bunga nasional dari Korea Selatan. Terbukti dari informasi Mbak Lia, bendahara sekolah yang membeli mugunghwa memang itu bungan import (itu sih kata penjualnya-halah bisa aja tuh penjual tanaman... heehehe) Jelasnya sih ia tak mengatakan dari negara mana. Tapi saya yakin itu mah mugunghwa-tetep aja.. sok tahu hehe.

Terserahlah, mau mugunghwa atau kembang sepatu tetap saja si cantik itu semakin membuat bola mata saya berbinar sempurna karena cantiknya si Hibiscus. Semoga kelak saya bisa melihat mugunghwa langsung di negeri aslinya. Hehehe, ngarep.com. Sketsa impian yang tak pernah padam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ketika Sulit Mengelola Ide

Malam ini saya hanya sekedar berbagi  ringan tentang permasalahan ide. Tulisan ini didasari oleh pengalaman pribadi yang bertahun-tahun...