Kamis, 23 Mei 2013

Hati-Hati Dalam Bertindak

Hati-hati dalam bertindak, sebab urusan sesepele apapun, sekarang khawatir jadi sorotan.

Entah ini curhatan atau sebuah ketakutan. Tapi saya nulis ini hanya khawatir jika dikemudian hari tiba-tiba ada sesuatu yang tidak enak dan terjadi. Pasalnya gini, tadi selepas pulang sekolah saya mampir di sebuah minimarket waralaba, niatnya hanya untuk beli sebotol air mineral, roti, dan kacang untuk di rumah. Karena saya punya niat enggak belanja banyak, makanya saya enggak ambil keranjang belanjaan. Eeeh, emang kadang-kadang saya lupa..sungguh benar-benar lupa kalau itu di minimarket bukan di warung, kebiasaan sehabis beli air mineral, lalu saya bayar dan saya masukkan ke dalam tas. Dan kejadiannya persis sama, setelah saya ambil air mineral, terus dengan enaknya saya masukkan ke dalam tas, beberapa detik kemudian, sambil milih yang lain, saya ingat, Ya Allah saya belum bayar di kasir, nanti saya dikira mau berniat jahat (ngambil air mineral) padahal saya benar-benar lupa, akhirnya air mineral buru-buru saya keluarkan lagi, sambil milih makanan yang lain, memang tak ada satupun petugas yang mendekati saya, tapi saya yakin ada CCTV. Lagipula saya masih di dalam minimarket itu, tidak lama, saat saya milih roti, ada pegawai yang memberikan saya keranjang. Saya sempet bengong lagi, ingin rasanya bilang, "Mbak belanjaan saya enggak banyak, jadi enggak butuh keranjang," tapi itu saya urungkan, yo wislah pakai keranjang saja. Ok setelah saya bayar, saya pulang, setelah saya terima struk dari kasir. Alhamdulillah struknya masih ada, enggak saya buang. Padahal tadinya saya orang yang paling teledor sama hal-hal kecil begitu.

Santai saja saya pulang ke rumah, tapi sore ini, beberapa menit yang lalu tiba-tiba terbersit dipikiran saya. Saya khawatir, jangan-jangan suatu hari akan ada video terupload di dunia maya, bahwa seorang perempuan berjilbab memasukkan air mineral hanya untuk menjelekan nama Islam, dan ngerinya itu wajah saya yang terekam di CCTV, padahal saya sudah bayar. Sebab saat ini Islam sedang disorot, ah...menyesal sekali saya melakukan hal-hal sepele yang bisa jadi akan berakibat panjang. Ya Allah, semoga tidak ada fitnah, semoga tidak, semoga ini hanya ketakutan saya saja. Semoga tidak ada fitnah akibat keteledoran saya tadi siang. Semoga orang waralaba itu tidak punya niatan jahat untuk menjelekkan Islam. Allahualambishowab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ketika Sulit Mengelola Ide

Malam ini saya hanya sekedar berbagi  ringan tentang permasalahan ide. Tulisan ini didasari oleh pengalaman pribadi yang bertahun-tahun...