Jumat, 14 November 2014

Wonogiri i'm in Love (Love Karst, Love is You Ai)

Tempat-tempat itu..dulu hanya cerita, dan kau membuat cerita di atas cerita, nyata..di kedua mataku, arigato gozaimasu Ai .. ;)

Masih di jumat penuh inspirasi. Ini utang tulisan dari saya untuk saya (aneh kan?) dan sudah lewat sepuluh hari yang lalu, tapi terlanjur ngemeng sama suami mau bikin tulisan menarik tentang Wonogiri, dan mumpung belum lewat ampe sebulan, so tak ada kata telaat ^^.

Tanggal dua November kemarin ceritanya hari lahir saya, biasanya sih enggak pernah ada perayaan apa-apa, ucapan dari orang spesial apalagi, boro-boro ucapan atau hadiah dari yang spesial, orang spesial yang dimaksud juga belum ada, meski orang tua dan murid, serta rekan sejawat tidak kalah spesial dari yang akan dimaksud dalam tulisan ini ke depan ;)

Alhamdulillah di usia yang sudah berkurang banyak kemarin saya sudah menggenapkan setengah dien, nah orang spesial itu hadir, dengan ucapan spesial saat pertama saya membuka mata, "Selamat Ulang Tahun Love, semoga jadi istri yang baik," duuh..nyesss deh sama ucapannya, sama doanya, plus sama perlakuan manisnya (enggak maksud provokasi jomblo-ers lhoo ;) )

Sedikit siang dia mengajak saya, hadiah ulang tahun katanya. Dia paham sekali saya suka hadiah yang seperti apa, padahal sih enggak peduli mau dikasih apa saja asalkan darinya saya senang sekali. Ternyata dia punya kejutan...motornya membawa kami makin menjauhi Surakarta menuju Wonogiri. "Wonogiri here i' come, jerit saya-dalam hati tentunya ^^

Perjalanan penuh perjuangan, dari Surakarta mesti harus lewatin Sukoharjo, baru Wonogiri. Wow, yang kebayang apalagi kalau bukan bakso..wkekekekq (maklum otak makanan) tapi ternyata suami mau menunjukkan sesuatu yang bikin saya bilang "wew" wew ya bukan wow.. dan eng ing eng...weeeeewwww..bentang lahan karst, weeeewwwww :D

kondisi topografis di Kabupaten Wonogiri
Pemandangan Pegunungan Sewu diliat dari kejauhan

Yup Wonogiri, dengan kondisi geografis merupakan pegunungan berbatu gamping, lahan karst, pahatan alamiah karst menjadi pemandangan kece di sepanjang perjalanan yang topografinya perbukitan bergelombang. Selama di motor berasa field trip bener dah sama suami (kebetulan latar belakang jurusan mirip-mirip--Ilmu Tanah-Geografi--mirip tho ;) ) so yang terasa selama perjalanan bukan seperti pasutri yang lagi honeymoon yang ngebahas cinta-cintaan-halaah hehe, yang ada di tengah terik mentari, di atas motor yang jalannya di atas topografi enggak rata, yang ada malah bla..bla..bla..doi jelasin tentang lahan karst, jenis tanah tuff, jajaran pegunungan sewu yang terlihat jelas dari kabupaten ini, enggak terasa sampai di rumah seniornya Mas Doni namanya, lokasi tepat di depan SMA 1 Wonogiri.

Ngobral-ngobrol panjang lebar, sampailah kita harus meneruskan lokasi "field trip" ke Museum Karst, berlokasi di kecamatan Pracimantoro. Dan setelah hampir empat puluh lima menit motor melaju di atas bukit bergelombang, setelah pinggang pegal, dan lumayan parno kalau berpapasan sama truk, alhamdulillah ketakutan dan rasa letih terbayar saat kami sampai di kawasan GEO PARK ... di kawasan yang entah berapa hektar itu dengan budget murah meriah  (delapan ribu sudah untuk dua orang plus motor) kami bisa berkeliling sepuasnya di kawasan wisata edukatif itu. Wew gilingan bengeeet...selama saya kuliah lapangan di geograpi belum pernah deh njajah daerah ini.

Denah petunjuk kawasan GEO PARK

Di kawasan tersebut ada museum tentang karst, bukan hanya di Indonesia tapi juga dunia! weeeww lagi ;), termasuk pembentukkannya plus bentukan-bentukan alam yang terjadi akibat pelarutan batu gamping tersebut. Nyaman udah pasti, edukatif juga, menarik untuk yang udah punya anak ;), yang masih bulan madu juga seru, adeeeemm... (ya iyalah AC) hehe kontras dengan suhu di luar yang lumayan buat produksi keringat makin banyak, tapi tidak disarankan buat yang pacaran wekekekkq :D. Sayangnya kami sudah terlalu sore sampai lokasi, museumnya sudah mau tutup (tutup jam 16.00).

Salah satu jenis batu gamping

Atoll (salah satu bentukan gamping)

Proses pembentukkan karst

Kalsit

Fosil proses pembentukkan marine
Ai ^^

Narsis boleh ya ^^

Figure cavers

Tidak hanya museum karst yang menarik, tapi juga beberapa goa-goa hasil pelarutan batu gamping, lagi-lagi karena hari sudah sore maka lain waktu saja menikmati goanya. Jam lima sore sampai di rumah Mas Doni lagi, istirahat sebentar, Mas Doni menyalakan mesin motornya, mengajak kami ke suatu tempat. "Kemana Ai? tanya saya bingung, suami saya masih belum paham akan diajak kemana, kami berdua mengikuti motor Mas Doni dari belakang, melwati jalan setapak bertopografi kasar. Dan tiba-tiba saja..jreeeng.. Waduk Gajah Mungkur.

Sunset Gajah Mungkur

Sorry, ga maksud pamer yaa ^^

Baju hitam, senior suami saya-Mas Doni ^^

Weeww lagi, waduk fenomenal ini, namanya saya sering dengar, fotonya juga baru saya lihat saat suami pernah penelitian ambil sampel air di sana, tapi liat jelas sekarang, baru di tanggal 2 November, menjelang magrib. Pemandangan dramatis, di tengah-tengah danau, matahari berwarna oranye perlahan tenggelam, sunset enggak cuma keliatan dramatis di pantai aja ternyata, di danau juga! weeew fantastis!

Sayangnya kemarau panjang membuat air waduk menyurut, informasi dari Mas Doni, waduk yang membendung sungai terpanjang di Jawa ini merupakan pemasok sumber air minum di Wonogiri, lah kalau surut sampai fosil-fosil desa yang pernah ditenggelamkan saat pembangunan waduk jadi terlihat itu piye?? parah banget kan surutnya berarti ... so poor :(

Waduk Gajah Mungkur, so cool, pemadangan yang bikin mata susah ngedip, tapi juga enggak lama, udah magrib kita harus kembali pulang ke rumah Mas Doni, sholat magrib, dan setelah itu lanjut ke Kota Sragen.. ;) sebelumnya jamuan makan malam menarik dari Mas Doni. Sejak dulu bagi saya karst selalu menarik, menarik sekali. ^^

At last but not least --Arigatone Ai .. Matur Nuwun buat Mas Doni ^^ next time mengagendakan caving di GEO PARK..semoga bisa tereksekusi :D