Kamis, 24 November 2011

Eksotisnya Goa Cerme

 Goa Cerme, sepanjang 1,5 km terletak di wilayah Panggang, desa Ploso, Giritirto, Kabupaten Gunung Kidul, tembus hingga dusun Srunggo, Selopamioro, Imogiri-Bantul.


Saya kembali ingin berbagi tentang keindahan bumi dan semesta. Goa, yup meski sudah beberapa tahun lalu menelusuri Goa Cerme ini, tapi ketegangan dan keindahannya masih tetap tak akan hilang dari ingatan. Memasuki goa tanpa perlengkapan keamanan standar caver. Tanpa pakaian dengan coverall, helm speleo yang dilengkapi headlamp dan sepatu boot karet. Kala itu kami sebagai mahasiswa geografi yang minimalis hanya berbekal nekat dan keberanian ditambah sebuah senter atau lilin yang kedap-kedip. Hanya semangat empat lima yang membara dan untaian kalimat doa-doa agar selamat sampai tujuan.
Pertama kali masuk, kami harus jongkok, bahkan setengah merangkak, karena pintu goa sangat rendah dan kecil, plus genangan air sekitar 10 cm sampai 1 meter. Awal masuk hanya ketegangan yang terasa dalam dada, aroma guano/kotoran kelelawar sedikit menganggu pernafasan.
Namun semakin berada beberapa meter di dalamnya terdapat pemandangan indah yang tersaji dalam goa. Ruangan yang tidak lagi sempit, namun genangan airnya makin dalam, sekitar 1 meter. Tapi indahnya membuat mata tak ingin berkedip dan bibir yang mengucapkan tasbih akan keagungan Sang Pencipta, apalagi jika bukan melihat keindahan ornamen stalagit, stalagmit, column (tiang), drapery (tirai).
Ornamen dalam goa terbentuk karena  air tanah yang menetes dari atap gua mengandung lebih banyak CO2 daripada udara sekitarnya. Dalam rangka mencapai keseimbangan, CO2 menguap dari tetesan air tersebut. Hal ini menyebabkan berkurangnya jumlah asam karbonat, yang artinya kemampuan melarutkan kalsit menjadi berkurang. Akibatnya air tersebut menjadi jenuh kalsit (CaCO3) dan kemudian mengendap.
Goa ini terbentuk di wilayah karst/ batuan gamping/ lime stone. Meski keindahannya tiada tara, namun untuk para caver pemula tidak disarankan untuk memasuki goa seperti cara yang pernah saya lakukan, memasuki goa tanpa persiapan. Senang ketegangan sekaligus keindahan? Goa Cerme lah alternatif pilihannya. Nice trip :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ketika Sulit Mengelola Ide

Malam ini saya hanya sekedar berbagi  ringan tentang permasalahan ide. Tulisan ini didasari oleh pengalaman pribadi yang bertahun-tahun...