Sabtu, 19 Februari 2011

Pak Dadang.... Sekali

Pandangan Febry makin kabur, kepalanya berdenyut denyut. Namun ia tetap berusaha berdiri sigap menerima bola walau agak terhuyung dengan denyut jantung sudah tak terkendali dan terdengar suara namun agak samar “ Tangkep bolanya Feb..!” seru Disty tapi aaakh..gagal, bola volly tak berhasil ditangkap. Bola volly malah nyelonong aja ke wajah Febry dan sukses mencium pipi Febry yang kaya rembulan, alias geradakan. Brak...tubuh besar Febry tumbang juga akhirnya, untung masih sadar. Tak lama terdengar bunyi peluit panjang dari pojok lapangan - peluit Pak Dadang. Latihan volley sesat terhenti. Pak Dadang berteriak karena melihat kejadian itu.
“Woy, keluar dong, Peb, udah tahu sakit bukannya keluar lapangan. Cepet keluar jangan di situ nanti kamu pingsan lagi!" teriaknya lantang. Lalu peluit ia tiup lagi tanda latihan dilanjutkan kembali.
Dengan wajah lebam dan semrawut Febry keluar lapangan. Panas! badannya panas, kepalanya panas, darahnya mendidih. Air panas kalah deh. Pokoknya panas! Sakit, sakit fisik plus sakit hati. Dengan terhuyung ia duduk di pinggir lapangan sambil melihat-lihat teman-temannya yang sedang latihan volly.
Pak Dadang berdiri di pojok lapangan memperhatikan siswa-siswi SMA Indonesia Raya yang berlatih sambil menilai latihan mereka. Dengan pandangan sinis Febry menatap Pak Dadang dari kejauhan. Hatinya mendidih tak habis pikir, jelas-jelas ia kini dalam keadaaan lemah, terus jatuh ke timpuk bola, mending bola pingpong apa bola bekel, lha ini bola volly. Eh udah jatuh malah dibentak lagi sama sekali enggak punya perasaan tu guru. Bukannya ditolongin kek, ditanya kek, dipapah kek, dijajanin kek..yey itu mah maunya si Febry. Hatinya terbuat dari besi apa? emang dia robot ya? Padahal robot aja punya perasaan contohnya Robocob yang selalu membela kebenaran dan keadilan. Robocob tuh jelas-jelas punya rasa peri kerobotan eh ini yang manusia sama sekali enggak ada perikemanusiaan. Sadis!
Hatinya terus berkecamuk, mendidih. Emang udah lama Febry kesel banget sama Pak Dadang. Setiap pelajaran olahraga Febry selalu mikir untuk ikut apa enggak.Kalau enggak ikut alasannya apa? sebab Pak Dadang hanya mau memberi izin untuk siswa yang beneran sakit. Dia juga tahu mana yang beneran sakit atau sengaja menyakitkan diri. Repot kalau boong sama Pak Dadang ngaku-ngaku sakit atau menyakitkan diri yang ada urusannnya malah panjang. Tapi kalau tetep ikutan olahraga ya gini deh, tenaganya tenaga kuda yang dikeluarin. Pak Dadang tuh guru olahraga atau Komandan Jepang yang lagi pimpin romusha sih?
Keringat diperes, tulang dibanting. Cuapek, pegel, eneg, pusing aduh rasanya mau klenger aja deh.
Latihannya bener-bener berat. Lari kelilingin lapangan 10 kali. Habis itu ambil nafas bentar, terus langsung sesi kedua. Biasanya latihan basket, volly, atau materi olahraga yang lain. Tapi saat pemanasan itu lho enggak nahan. Pemanasan yang bener-bener panas! pas banget hari ini kondisi badan Febry lagi kurang fit, tapi mau ngomong ke Pak Dadang rada syerem. Tampangnya aja dah bikin ogah. Angker! bahkan angkernya rumah tua deket sekolah mah kalah. Akibatnya ya seperti ini. Kecium bola, tapi tidak melahirkan simpati Pak Dadang, yang ada malah dibentak. Bahkan sekarang mau izin ke toilet aja enggak berani. Dari pada entar dibentak lagi, mending dia milih nunggu jam olahraga selesai biar bareng sama teman-temannya.
Lagi asik ngeliatin Pak Dadang (lho katanya sebel tapi malah ngeliatin, mungkin menurut Febry sebel itu =seneng betul hihihi). Ngeliatin karena kesel gitu. Cuping hidungnya naik turun, pipinya yang tembem tambah tembem eh bengkak maksudnya, karena kecium bola volly. Padahal Kevin gebetan barunya yang tampangnya rada mirip-mirip Justin Bibir aja belum pernah nyium dia (ih jangan sampe ah!).
Tiba-tiba saja tepukan lembut Zahra, sahabatnya, membuyarkan lamunannya. Entah ngelamunin si Kevin apa Pak Dadang enggak tau deh. Soalnya tampang Kevin dan wajah Pak Dadang nyampur jadi satu di otak Febry sih, hihihi.
“ Feb, sakit banget ya, ke UKS yuk, siapa tau ada balsem atau obat yang bisa ngilangin bengkak dan rasa sakit lo,” kata Zahra lembut.
“ Eh iya Ra, lho emang udah selesai ya?” 
“ Udah, kita dah selesai kok latihannya. Elo sih bengong aja, terlalu serius memandangi Pak Dadang,” ledek Zahra seraya tersenyum.
Febry manyun dan malas menanggapi gurauan Zahra, dengan agak malas dia bangkit menuju ke UKS.
“Kenapa enggak bilang aja sih Feb sama Pak Dadang kalau lo lagi kurang sehat?” tanya Zahra seraya mengoleskan minyak tawon ke pipi Febry yang bengkak.
“ Yah, lo kan tau Ra, gue males deh berurusan sama Pak Dadang. Liat tampangnya aja gue dah ngeri. Tampangnya asem banget. Emang sih badannya nggak tinggi besar, die kan tinggi kurus, tapi wajahnya itu lho, jutek, kasar, gahar!” ungkap Febry kesal
“ Woy istighfar Feb!” protes Zahra.
“ Iya-iya deh. Nah lo tau sendiri kan tadi. Waktu gue ketimpuk bola, die malah ngebentak. Gue sakit Ra, sakit..” ujar Febry lebay (baca: berlebihan) pake acara pegang-pegang dadanya segala.
“ Ngg..mungkin memang itulah cara beliau Feb, buat bikin kita enggak cengeng, biar kita kuat. Ups sory bukan maksud gue belain Pak Dadang ya. Tapi lo perlu tahu, tiga hari yang lalu gue liat kalau beliau mungut anak kucing yang kakinya berdarah karena korban tabrak lari di jalan.”
“ Lha apa hubungannya sama anak kucing Ra, emang gue kucing. Ga jelas deh lo Ra!” sungut Febry.
Zahra mengelus punggung Febry. Menenangkan Febry, dia udah paham benar dengan tingkah sobatnya kalau lagi emosi, bawaannya tegangan tinggi mulu.
“ Emm bukan gitu Feb, gue hanya mau kasih tahu kalau Pak Dadang itu sebenarnya baik lho. Buktinya sama anak kucing aja beliau baik, ngobatin terus ngerawat. Kalau ga percaya ayo kita lihat di kebun sekolah. Kayanya kucingnya ditaruh disana. Sama anak kucing aja baik, apalagi sama anak manusia. Mungkin beliau memang tegas kali.”
Febry sedikit merenungkan kata-kata Zahra.
“ Gitu ya Ra, tapi tetep aja gue masih dongkol sama Pak Dadang. Eh ngomong-ngomong anak kucingnya dimana Ra, gue mau liat dong, gue kan pecinta kucing.”
“ Boleh, nanti pulang sekolah kita kesana ya. Ya kalau kamu masih dongkol sama Pak Dadang mendingan lo alihkan dengan hal-hal lain, misal ambil air wudhu gitu, biar panasnya hilang. “
“ Iyaaaa Bu Ustadzah. Eh kalau alihkan selain wudhu boleh enggak? kan yang penting bisa mengalihkan kekesalan kita ?”
Zahra mengangguk mantap
“ Nah kalo gitu mending gue liatin si Kevin aja ya, tuh liat doi lagi main basket, gilingan (baca: gila) keren banget Ra!"Febry mendadak jadi berasa sehat dan kembali segar.
Hah...Zahra hanya menanggapi dengan geleng-geleng kepala dan memijit jidatnya.
“ Hehe pusing ya Ra punya temen gue?" asli tampang Febry yang tadinya semrawut jadi berubah happy, liat Kevin.
***
Sepulang sekolah.
Kebun sekolah yang sengaja ditata rapi. Banyak tanaman obat dan juga tanaman hias. Di pojok kebun ada lahan kosong yang belum ditanami. Hanya rumput-rumput saja. Di sana terdapat rumah mungil dari kayu seadanya. Mereka berdua melongok ke dalam rumah mungil yang hanya cukup untuk seekor kucing. Di dalamnya tergolek seekor anak kucing lemah yang kakinya terbalut perban. Di samping kandang itu ada susu yang ditempatkan di mangkok plastik bekas. Kucing itu tergolek lemah.
“ Ini Feb anak kucing yang tiga hari yang lalu ketabrak. Gue lihat sendiri Pak Dadang mungut kucing ini. Tadinya rumah ini belum ada mungkin Pak Dadang yang buat rumah kucing ini.”
Febry terus memperhatikan kucing itu. Antara takjub liat kucingnya dan enggak percaya kalau kucing itu benar ditolong sama Pak Dadang guru galak.
Ketika mereka sedang memperhatikan kucing itu, tiba-tiba mereka dikagetkan dengan munculnya seseorang. Dehemannya membuat mereka menoleh dan terkejut. Mereka refleks membungkukan badannya.
“Eh Pak Dadang, maaf Pak kita hanya lihat kucing yang ketabrak kemarin,” ucap Zahra sopan. Mereka berdua langsung mundur selangkah.
Tanpa ekspresi pria itu hanya menggangguk, kemudian mendekati kandang kucing itu, jongkok untuk mengganti perbannya dengan yang baru sekaligus memberikan obat, dan mengganti susu dengan air putih.
Febry menyikut lengan Zahra, memberi tanda untuk segera cabut dari tempat itu. Tapi Zahra memilih untuk tetap bertahan. Malah mengajak bicara Pak Dadang.
“Lukanya masih parah Pak ?” tanya Zahra
“ Sedikit lebih baik dari kemarin, hanya butuh perawatan intensif. “ jawab Pak Dadang sambil terus merawat kucing itu.
“ O gitu ya pak, baiklah kalau gitu kami pamit ya Pak. Mudah-mudahan kucingnya cepat pulih Pak," Zahra terlihat tenang berbicara dengan Pak Dadang, sementara Febry udah keringetan ngeri, kalau tau-tau Pak Dadang ngomong yang enggak ngenakin hati. Rasanya pengen cepet-cepet kabur dari samping guru galak itu. Lagian kenapa juga sih dia tadi mau aja diajak Zahra liat kucing? hasilnya malah ketemu guru yang sering kebawa dalam mimpi seremnya. Syukur akhirnya Zahra memberi kode untuk segera meninggalkan tempat itu.
“ Ini adalah pelajaran bagi kalian…” ujar Pak Dadang tiba-tiba, kontan membuat langkah mereka terhenti.
“ Sebenarnya kucing ini tertabrak karena kondisi tubuhnya yang sudah lemah, dia tidak bisa bergerak cepat untuk menghindari motor yang menabraknya. Artinya jika badan kita lemah maka mudah sekali kita tertimpa bahaya, terlepas dari apa yang telah Tuhan takdirkan pada kita,” sambung Pak Dadang lagi.
Zahra manggut-manggut, sementara Febry menggigit bibir. Nah lo, kok tiba-tiba dia ngomong gitu, maksudnya apa, nyindir neh?
Pak Dadang berdiri memandangi muridnya satu persatu, “Kalian hati-hati dijalan dan jaga tubuh kalian agar tidak lemah. Lagi pula Tuhan lebih suka dengan hambanya yang kuat ketimbang yang lemah. Sebab kalau sudah sakit butuh waktu lama untuk memulihkan, tapi jika kita bisa menjaga tubuh pastinya kita akan lebih bahagia. Bahagia itu mudah, bahagia itu sehat. Mengerti?” ujar Pak Dadang tegas.
“ Mengerti Pak!” jawab mereka serempak.
Memang nada bicara Pak Dadang tetap tegas, tapi terlihat sekali gurat kepedulian di wajah Pak Dadang. Terdengar seperti kalimat seorang ayah pada putrinya. Ini sesuatu yang tidak disangka oleh Febry sebelumnya. Ada sedikit rasa malu dan rasa bersalah pada gurunya ini. Rasanya ia ingin mengucapkan kata maaf dan memeluk gurunya, tapi tentunya hal itu tidak dapat ia lakukan. Jadi ia hanya manggut-manggut. Tak terasa matanya berkaca, ia memilih tetap menunduk untuk tidak memandang Pak Dadang. Benar kata Zahra Pak Dadang itu tidak seburuk yang ia pikirkan.
Sesaat Pak Dadang berlalu dari mereka. Namun mereka berdua masih mematung di kebun sekolah. Zahra menoleh kearah Febry. Kali ini air mata Febry sudah terlihat membasahi pipi. Tanpa kata Zahra langsung merengkuh tubuh Febry. Seolah tahu apa yang dirasakan sahabatnya ini.
“ Makasih lagi Ra, untuk yang kesekian kali.” Bisik Febry serak.
***

1 komentar:

  1. selalu ada cerita di balik cerita... Gw juga dulu pernah dimarahi beliau gara2 maen bola... but it's ok... no hard feeling...hanya dinamika kehidupan anak sekolah...

    dunia ni trus berkembang, mudah2an teknik, filosofi, prinsip pengajaran para "pahlawan tanpa tanda jasa" (istilah jaman dulu...gak tw ya jaman sekarang...hehe...hope much better) makin berkembang, tidak selalu harus menggunakan teori usang, walaupun yg usang itu terkadang nilainya mahal....

    BalasHapus

Ketika Sulit Mengelola Ide

Malam ini saya hanya sekedar berbagi  ringan tentang permasalahan ide. Tulisan ini didasari oleh pengalaman pribadi yang bertahun-tahun...