Kamis, 15 November 2012

Sehari Saja Tak Bersama Setan!

"Pernahkah antum yang hadir di ruangan ini sehari saja tak bersama setan?" kata-kata dari seorang ustadz yang tiba-tiba saja teringat kembali dalam folder usang ini, membuat saya spechlees.
Sehari tak bersama setan? entahlah, rasanya tidak. Padahal jelas-jelas Allah sudah mengultimatum, bahwa setan adalah musuh yang nyata. Tapi kenyataannya? Sudah berusaha taat, digoda-goda rasa ujubnya, dibisik-bisik biar jadi takabur, merasa sudah taat dan paling benar, sedang beramal, dibisikin keikhlasannya. belum lagi yang masih tertatih belajar menjadi taat, ada saja upaya setan-setan itu menggerogoti keimanan anak manusia. Itulah setan. Padahal dalam Alquran, setan amat lemah godaannya. Tapi sayangnya kita sering tergelincir. Ada saja setan yang hinggap dalam tubuh ini, dalam kaki ini, mengotori keikhlasan langkah, mengotori kemurnian hati, mengotori mata dengan pandangan-pandangan yang belum boleh, atau malah tidak boleh, mengotori lisan ini yang paling mudah sekali tergelincir.
Yang sudah berusaha taat saja digoda setan, apalagi yang hidup memang sudah berteman setan. Tidak peduli mau dilarang atau tidak sama Allah, pokoknya main tabrak saja, asal senang, asal nafsu terpuaskan. Manusia memang sejatinya tempatnya salah dan alpa. Dibilang jangan mengikuti langkah setan, ada saja keplesetnya. Macam-macam tergodanya, dan mereka seolah tahu saja titik lemah anak Adam ini. Tapi ampunan Allah lebih luas dari jagad raya. Sadar, mawas diri, dan selalu merasa ada CCTV yang mengawasi, mungkin itu kuncinya. Doa juga senjatanya. Ibarat perang, senjata terampuh dari seorang hamba adalah doa. Juga setiap saat merasakan Allah selalu mengawasi. Silakan saja terus-terusan bersama setan, tapi Allah punya perhitungan. Manusia bukan malaikat, selalu ada dosa, tinggal bagaimana lisan dan hati untuk bisa terus matching memohon ampunan pada Allah. Akhirnya jadi terselip doa, Ya Allah, sehari saja tak bersama setan, pasti hari itu akan menjadi hari teramat berkah dan ringan. Dan hanya pada Allah saja mohon kekuatan untuk melawan godaannya.
Allahua'lamBishowab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ketika Sulit Mengelola Ide

Malam ini saya hanya sekedar berbagi  ringan tentang permasalahan ide. Tulisan ini didasari oleh pengalaman pribadi yang bertahun-tahun...