Jumat, 13 September 2013

Oleh-oleh dari Cisarua---Pemimpin, Amanah, dan SMA Adi Luhur

Siaaang....Jakartaaaaa!!!!
Assalamualaikum wr..wb :)
 
Back to Jakarta lagi, setelah dua hari ngungsi cari yang seger-seger di Cisarua-Bogor. Udara segar ya maksudnya. Bukan buat rekreasi, apalagi buat ngabisin duit..wadoooww enggak lah ya, tapi buat dapet duit...hihi alias dalam rangka kerja. Ceritanya di skul nih lagi ada acara LDKS sekaligus pelantikan OSIS baru.
 
Biasalah tiap tahu selalu ada ritual Latihan Dasar Kepemimpinan di luar sekolah, ternyata bukan cuma luar sekolah, tapi juga luar Jakarta. Enggak tahu alasannya kenapa mesti ke Cisarua-Bogor tuh bagi saya udah kayak area jogging track..heheh---ups...becanda, hehe. Tapi ada yang menarik di LDKS kali ini, selain acara motivasi materi yang bagus, jurit malem yang rada horro (banyak korban tumbang liat ini-itu-maksdunya yang gaib-gaib), dan olahraga pagi. Bukan, bukan cuma itu yang menarik untuk saya bahas dan saya buat tulisan. Tapi karena adanya sebuah peralihan kepemimpinan dari OSIS lama ke OSIS baru.
 
Secara aklamasi, tahun lalu terpilihlah Reika Dyah Pitaloka yang jadi ketua OSIS di SMA Adi Luhur, dan setahun sudah Mbak Reika ini mesti lengser, enggak peduli dia udah tuntas atau belum dengan amanah-amanahnya di tahun lalu, pokoknya waktu yang mengharuskan Mbak Reika lengser. Dan secara aklamasi juga terpilih Ricky Kurniawan sevagai ketua OSIS di SMA Adi Luhur untuk tahun ajaran 2013/2014. Nah Mas Ricky ini apapun terjadi harus mau mengemban amanah untuk setahun kedepan sebagai ketua OSIS. Enggak tahu deh kenapa duo R ini lagi yang mendominasi tampuk jabatan..heheh
 
Dan tadi saat serah terima jabatan, duh kok saya yang menyaksikan rada merinding gitu ya? Apa saya yang terlalu kebawa perasaan? lebay? terlalu mendramatisir sebuah peristiwa? Ah enggak deh kayaknya. Hm, saya langsung ingat, sebab ini bukanlah sebuah peristiwa biasa. Yang namanya amanah tetaplah amanah. Jadi seluruh semesta ikut menyaksikan amanah baru yang diterima sama Mas Ricky sebagai pemimpin kali ini. Dan menjadi pemimpin bukalah peristiwa main-main. Ada segudang tanggung jawab dan harapan ada di pundaknya ketua OSIS kali ini.
 
Jabatan bukanlah prestise, kebanggaan, atau apalah, tapi adalah musibah..musibah untuk orang-orang yang takut pada Allah. Tapi bias jadi anugrah, ketika seseorang yang takut pada Allah ini lantas menggunakan jabatanannya dengan benar, tidak menyianyiakan, dan berusaha maksimal menjalankan amanah yang didalamnya. Apalagi menjadi seorang pemimpin!
 
Jabatan juga bukan sekedar peristiwa sejarah yang juga cuma sekedar untuk dilalui dan ingat. Jangan sampai kita cuma bilang gini " Oh iya dulu saya pernah jadi ketua ini, itu, anu," just it, tapi hasilnya? biasa aja, dalam hati kecil, sebenernya kita enggak merasa puas, bahkan meruntuki diri kenapa kita enggak bisa maksimal saat itu. Ah, well, alakulihal, no body's perfect...sejatinya manusia tetaplah manusia. Banyak salahnya, kita pun menginnginkan pemimpin yang ideal yang kalau bisa enggak ada cacatnya, tapi mungkin kita juga boleh bercermin, bagaimana kita yang dipimpin olehnya? Pemimpin dan yang dipimpin mungkin harus bisa bersinergis, bekerja sama, saling tolong menolong sehingga tujuan-tujuan bersama dapat kita capai.
 
So, ehm..selamat buat anggota dan kepengurusan OSIS SMA Adi Luhur yang sudah dapat pemimpin baru, juga selamat sama ketua OSIS yang baru. Semoga kita bisa saling bersinergis satu sama lain. bergandengan tangan, sehingga terwujuda apa yang kita inginkan.
 
Sekian dulu oleh-oleh dari Cisarua. Next time ada cerita menarik dari landskap Allah yang juga menarik. Cheers ^^
 
Reika, ketua OSIS SMA Adi Luhur 2012/2013
Ricky, ketua OSIS SMA Adi Luhur tahun 2013/2014

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ketika Sulit Mengelola Ide

Malam ini saya hanya sekedar berbagi  ringan tentang permasalahan ide. Tulisan ini didasari oleh pengalaman pribadi yang bertahun-tahun...